Sabtu, 12 April 2014

PERTANYAAN DUTA PAJAK MAKASSAR

hello ladies and gentleman ini pertanyaan buat duta pajak makassar well semuanya sangat berhubungan sama pajak but ada beberapa pertanyaan yang menyangkut kepribadiaan. so buat yang mau daftar duta pajak semoga ini bermanfaat. Terus terus ini jawabnya naturally ala ala qisthi yaa jadi kalau rada gaje ya maklum J
1.      Apa yang dimaksud dengan pajak ?
pajak adalah kontribusi dari masyarakat (baik pribadi maupun badan) untuk negaranya atau daerahnya dimana pajak ini bersifat memaksa dan manfaatnya tidak dirasakan secara langsung, pajak sendiri digunakan oleh pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Intinya pajak  itu merupakan jembatan pembangunan bagi suatu negara karena pemasukan terbesar yang diterima oleh negara ya dari pajak.
2.      Terdapat berapa jenis pajak ?
terdapat 3 jenis pajak yaitu:
·         pajak pusat (PPN, PPh, Bea Materai)
·         pajak daerah provinsi (kendaraan bermotor, bea balik nama kendaraan bermotor, bahan bakar kendaraan bermotor, air permukaan, rokok)
·         pajak daerah kabupaten/kota (hotel, restoran, hiburan, reklame, penerangan jalan, mineral bukan logam dan batuan, parkir, air tanah, sarang burung wallet, PBB, BPHTB)

3.      Sebutkan pajak yang dipungut oleh daerah!
Terdapat 11 jenis pajak yang dipungut oleh daerah ya sebelumnya sudah qisthi sebutkan dan juga ingat persentase tarif pajaknya !
4.      Sebutkan jenis cara pemungutan pajak!
Terdapat 2 jenis cara pemungutan pajak yaitu self assignment dan official assignment. Self  assignment itu jumlah pembayaran pajaknya ditentukan oleh pribadi maupun badan berdasarkan jumlah pendapatan dikali dengan persentase yang telah di tentukan sedangkan official assignment ditentukan oleh kantor pajak melaluli perhitungan serta kebijakan tertentu.
5.      Hukum yang mengatur mengenai pajak?
Mungkin ini bisa di cari di google tapi buat pajak daerah sediri UU No 28 tahun 2009 mengenai pajak daerah dan retribusi daerah.
Dan biasanya bakalan di tanya terus di suruh akting sok jadi pegawai pajak dan hadapi wajib pajak yang tidak mau bayar pajak. Nah kalau ada wajib pajak yang tidak mau bayar pajak ini saja yang di keluarkan “maaf yaa pak bapak masih tidak mau bayar pajak ? oke pak aku rapopo tapi bapak ta’ masukin di penjara rapopo juga yaa. Kan ada tuh pak hukum yang mengatur buat yang tidak mau bayar pajak”
Well qisthi asal pokoknya kalau ada wajib pajak yang tidak mau bayar pajak ancam saja buat di masukin penjara. haha
6.      Manfaat pajak?
Pajak sendiri itu digunakan oleh pemerintah untuk meningkatkanka kemakmuran dan kesejahteraan rakyat dimana pajak ini kalau mau qisthi ibaratkan seperti nasi (yaelaaa madona) jadi ketika suatu negara ingin berkembang atau meningkatkan pembangunannya pajak sendiri seperti karbohidrat yang menjadi energy bagi suatu negara untuk lebih  maju. Pajak digunakan untuk pembangunan dan juga digunakan untuk mengsubsidi pada bidang kesehatan, pendidikan, dll.
7.      Hubungan pajak dengan ekonomi?
Well ini karena qisthi anak ekonomi jadi hubungan dengan ekonomi kalau kamu anak kesehatan, pariwisata, pertanian, kelautan, kehutanan, hukum, dll pertanyaannya bakalan berbeda dan disesuaikan pokoknya sama background masing-masing.
Hubungan pajak dengan ekonomi sendiri. pajak itu merupakan …. (biar prof halide yang jelaskaaan!!)
8.      Kenapa ingin mengikuti audisi ini ?
1.      Pajak sendiri sangat berhubungan dengan background pendidikan saya dan duta pajak ini sendiri merupakan audisi yang menurut saya berkualitas sehingga dalam audisi ini saya juga turut mampu mengukur serta meningkatkan kemampuan saya baik dalam bidang akademik maupun non akademik.
2.      Saya tertarik mengikuti audisi seperti ini dimana saya dapat menambah ilmu dan ilmu tersebut kelak dapat saya manfaatkan serta bisa turut saya bagikan kepada lingkungan sekitar saya sendiri, saya juga berharap dapat turut berkontribusi serta mengabdi di dispenda guna meningkatkan kesadaran maupun pemahaman tentang pentingnya pajak itu sendiri untuk pembangunan daerah.
3.      Saya ingin menambah kegiatan biar tidak kosong lagi karena nyaris saya menjadi cewe kosong yang kerjanya cuma online sepanjang hari (haha jangan ikuti yang ini seriusan ini sesaaaat meeen)
9.      Ibaratkan diri kamu seperti ?
Saya ini seperti kantung teh yang harus dicelupkan di air panas agar saya mampu tau seberapa kuat diri saya (syahdunya…), saya seperti dora yang ingin mencari tahu sesuatu yang baru, saya seperti bulan yang walaupun bermodal cahaya matahari tapi selalu berusaha buat bercahaya seterang terangnya, saya seperti wonder woman yang sok kuat padahal buka tutup botol aqua saja sometimes tidak mampu. Haaaaahay asaaaaaal
10.  Jika kamu terpilih menjadi duta pajak Makassar apa yang sangat ingin kamu lakukan?
Saya sangat ini melakukan sosialisasi pada anak sekolah dasar karena menurut saya pajak itu harus dijadikan budaya bukan suatu pemaksaan lagi. agar pajak itu menjadi suatu budaya yang dimana budaya itu dimulai dari kebiasaan. Kebiasaan itu sendiri pengetahuannya harus ditanamkan sedari dini. Oleh sebab itu saya sangat ingin menanamkan pemahaman yang sederhana mengenai pajak serta manfaat dari pajak itu sendiri kepada anak-anak dini mungkin dalam jangka pendek sendiri maanfaatnya tidak signifikan namun untuk jangka panjang saya rasa ini sangatlah bermanfaat.
Demikian pertanyaannya yakin dan percama semuanya bakalan keluar. Seriusaaaaaan swear sweaaar sweaaaaarrrrrr sorry jawabnya rada asal-asalaaan. The end semoga bermanfaat dan sukses. aamiin




Tidak ada komentar:

Posting Komentar